23 Nominator Ikuti Final Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa PTKI

By Admin


nusakini.com-Serpong - Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tingkat Nasional masuki babak final. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam mengundang 23 nominator untuk mempresentasikan hasil karya yang ditulisnya.  

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Imam Safe’i mengapresiasi para finalis kompetisi ini. Dia berharap para nominator terus menulis sesuai dengan bidang yang diminati. 

“Gagasan yang hanya dipikirkan akan lenyap ditelan waktu. Gagasan yang ditulis akan abadi dikenang pembaca. Gagasan yang dikerjakan akan dikenang sepanjang zaman,” kata Imam, saat membuka kegiatan Presentasi Nominator KKTM pada Kamis (4/12) di Serpong. 

“Kalau sebuah ide atau gagasan itu dijalankan oleh banyak orang maka sejatinya andalah disebut the real leader," tandas Imam. 

Menurut Imam, orang yang hebat itu diukur dari dua hal, yaitu: kemamuannya berbicara dan menulis. Kedua kemampuan itu sama-sama membutuhkan ketekunan dalam membaca, baik membaca tulisan maupun membaca fenomena. Aktivitas menulis bisa berangkat dari empat hal, yaitu berfikir, menulis yang difikirkan, mengerjakan yang ditulis, dan menulis yang dikerjakan. 

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Syafriansyah mengatakan, panitia menerima hampir 1000 artikel dan essay. Setelah dinilai dewan juri, diperoleh 23 nominator sebagai calon juara. Nominator ini terbagi dalam empat katagori, yaitu: artikel individu, artikel kelompok, essay individu, dan essay kelompok. 

Mahasiswa yang masuk babak final ini berasal dari UIN Jogjakarta, UIN Bandung, UIN Surabaya, UIN Pekanbaru, IAIN Kudus, IAIN Salatiga, IAIN Surakarta, IAIN Tulungagung, IAIN Kediri, IAIN Metro Lampung, IAIN Manado, FAI Uiniversitas Ibrahimi Situbondo, UNISNU Jepara, STIQ Al-Quran Ittifaqiyah Ogan Ilir Sumsel, dan Universitas Nurul Jadid Probolinggo.  

KKTM PTKI Tingkat Nasional telah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1-23 November 2018 dan telah melalui beberapa tahap sampai pada presentasi niminator. KKTM PTKI ini mengangkat tema-tema yang mengedepankan moderasi beragama. (p/ab)