222 Peserta Ikuti Olimpiade Sains dan Sosial MKKS SMP Swasta Surabaya Utara

By Admin

nusakini.com--Sebanyak 222 peserta yang berasal dari berbagai SMP wilayah Surabaya Utaraikuti Olimpiade Sains dan Sosial yang diselenggarakan di SMP Barunawati. 

Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Ida Ambarini mengungkapkan, olimpiade tersebut merupakan olimpiade gabungan dari tiga mata pelajaran (mapel) IPA, IPS, dan PKn sekaligus untuk mempersiapkan para siswa menghadapi ujian nasional dan USBN. 

“Melalui olimpiade ini diharapkan mampu memotivasi para siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian”. 

Ia melanjutkan dengan terselenggaranya olimpiade Sains dan Sosial di wilayah Surabaya Utara diharapkan mampu memicu olimpiade sejenis di berbagai wilayah. 

Kepala Bidang Sekolah Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto, menyampaikan bahwa olimpiade seperti ini merupakan sebuah persiapan yang baik dalam menyongsong terselenggaranya olimpiade tingkat kota yang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang. 

Menurutnya, ada beberapa kunci keberhasilan dalam mempersiapkan para siswa pada jaman ”Now” saat ini. Pertama yakni adanya kerjasama yang bagi penyelenggara satuan pendidikan bersama-sama meningkatkan kompetensi para siswa, kedua kegiatan ini seperti juga mampu memupus disparitas antar sekolah, kemudian yang ketiga yakni mampu mengkolaborasikan dengan baik. 

Mantan Kepala SMAN 16 tersebut melanjutkan, bahwa untuk tahun 2018 ada perubahan USBN baik di tingkat SMP dan SMA. Jika tahun lalu (2017,red) USBN hanya tiga mapel namun sekarang USBN-nya seluruh mata pelajaran. Sedangkan pada USBN nanti 90 persen soal obyektif dan 10 persennya soal uraian. 

“Kedua perbedaan ini tolong dipersiapkan dengan baik, Dispendik juga telah menyiapkan soal-soal latihan melalui try out online”, tutur Sudarminto. 

Sementara itu, anggota DPRD Komisi C Camelia Habiba yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi adanya Olimpiade Sains dan Sosial tingkat SMP di wilayah Surabaya Utara, Ia berujar bahwa kegiatan ini mampu membuka ruang motivasi yang luar biasa dalam menghantarkan para peserta didik meraih kesuksesan.(p/ab)