20 Ribu Pelaku UKM DKI akan Diberdayakan Buat Suvenir Asian Games

By Admin


nusakini.com - Sebanyak 20 ribu pelaku usaha kecil menengah (UKM) di DKI Jakarta akan diberdayakan untuk memproduksi suvenir khusus Asian Games 2018.


Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, dirinya sudah membicarakan tentang hal ini dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc).


"Suvernirnya betul-betul khas UKM dan bisa menjadi penggerak ekonomi lokal. Kita akan undang Pak Erick Thohir di Inasgoc untuk memastikan kita bisa mulai produksi," katanya


Dijelaskan Sandi, nantinya kebutuhan suvenir bisa mencapai puluhan ribu unit dan menciptakan banyak lapangan kerja. Karena itu, Ia berharap waktu selama satu tahun bisa dimanfaatkan untuk memproduksi suvenir kualitas baik. 


"Kita minta dikasih waktu cukup. Sekarang ada sekitar satu tahun, mudah-mudahan cukup untuk teman-teman UKM menyiapkan permodalan dan produksi," tegasnya.


Sandi memapakan, suvenir yang akan diproduksi seperti boneka, t-shirt, syal, handuk dan ikat kepala. Untuk memasarkan produk itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) berencana membuka booth di tiap venue.


"Jadi nanti bagaimana terakomodasi di venue yang baru itu, setting etalase yang menarik, itu yang kita inginkan," tandasnya.(pr/kj/al)