1.508 Armada Angkutan Resmi Asian Games Jalani Uji Kir

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 1.508 armada atau kendaraan resmi Asian Games 2018 mulai menjalani uji kir di Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur. Ini untuk memastikan kelaikan armada yang akan mengangkut para atlet dan ofisial Asian Games.

Kasubag TU UP PKB Pulogadung, Fatchuri mengatakan, uji kir bagi armada khusus Asian Games ini sudah dimulai sejak kemarin. Sejauh ini baru ada 237 armada yang jalani uji kir.

"Demi keamanan dan kenyamanan, armada angkutan Asian Games 2018 ini sudah kita mulai uji kir.

Uji kir tidak hanya dilakukan di UP PKB Pulogadung. Namun petugas juga melakukan jemput bola dengan melakukan ramp check kendaraan ke pul armada. Kendaraan yang lulus uji kir maupun ramp check, langsung dipasangi stiker mini sebagai tanda lulus uji kir.

Menurutnya, armada angkutan Asian Games terdiri dari berbagai jenis dari beberapa operator. Seperti bus Transjakarta, minibus milik perusahaan swasta hingga mobil boks dan sedan. Seluruh armada ini untuk mengangkut tim ofisial maupun atlet yang terlibat dalam kegiatan Asian Games.

Pemeriksaan dalam ramp check maupun uji kir ini di antaranya adalah pengecekan secara teknis maupun non teknis. Seperti pemeriksaan surat-surat kendaraan. Kemudian fungsi-fungsi sejumlah peralatan, seperti rem, lampu, ban, klakson, wiper hingga bodi kendaraan dan sebagainya.(pr/kj/al)