14,5 Hektar Tanah Kementerian Pertanian Dihibahkan Kepada Pemerintah Kota Banjarbaru

By Abdi Satria


nusakini.com-Banjarbaru-Kepala Pusat Pendidikan Dr.Idha Widi Arsanti,SP,MP mewakili Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melakukan penandatanganan serah terima 14,5 hektar tanah Kementerian Pertanian yang dihibahkan kepada pemerintah Kota Banjarbaru. Hibah tersebut dilakukan dalam rangka menunjang penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah Kota Banjarbaru sebagai sarana dan prasarana fasilitas umum dan fasilitas sosial serta mewujudkan tertib administasi dalam pengelolaan barang milik negara. 

Walikota Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani menegaskan ”Kami sangat bersyukur dan kami berterimakasih kepada Kementerian Pertanian dan instsitusi terkait. Dengan serah terima ini kita telah mengurai carut marut catatan aset dinegara ini dengan masyarakat”. ungkapnya. 

Penyelesaian ini adalah satu kebanggaan, satu kebahagiaan bagi kami ujar Nadjmi. Posisi tanah ini adalah tanah yang telah diduduki oleh warga. Sudah 1 RW, 3 RT yang menduduki tanah sebesar 14,5 Ha tersebut yang awalnya adalah tanah untuk kebun percobaan Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) saat itu. Namum, sejak 1981 sudah mulai diduduki oleh masyarakat. Dengan serah terima hibah tanah ini maka bisa kami bisa melakukan tindaklanjut dengan perwakilan rakyat dan juga BPK akan pemanfaatan tanah tersebut.

Nadjmi menambahkan sejak tahun 1990-an Pemerintah Kota Banjarbaru sudah memberikan ganti 14,5 Ha tanah yang diduduki masyarakat tersebut dengan tanah seluas 22 Ha yang saat ini dijadikan bagian dari Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Banjarbaru dengan luas kurang lebih 42,5 Ha.(lely)