103 Sekolah akan Direnovasi Total Tahun Ini

By Admin


nusakini.com - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan melakukan renovasi total terhadap 103 bangunan sekolah tahun ini. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 1,5 triliun yang diambil dari APBD 2017.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adriyanto mengatakan, saat ini renovasi total sekolah sudah memasuki tahap lelang di Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPPBJ) DKI. Ditargetkan pada akhir Februari mendatang lelang sudah selesai.

"Jadi tahun 2017 itu ada 103 sekolah yang dilakukan rehab total. Anggarannya kami siapkan sebesar Rp 1,5 triliun. Sekarang sudah memasuki tahap lelang di BPPBJ," ujar Sopan,

Renovasi total yang dilakukan yakni dengan merobohkan bangunan eksisting, kemudian dibangun kembali. Selama pembangunan kegiatan belajar mengajar (KBM) akan dipindahkan ke sekolah terdekat. Semua pembangunan menggunakan anggaran single years.

"Siswa sekarang belum dipindahkan, karena sedang mencari sekolah terdekat yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sementara waktu," katanya.

Sementara itu, pihaknya juga melakukan renovasi berat terhadap 143 sekolah. Sebanyak 55 sekolah diantaranya merupakan yang rehabnya dibatalkan pada tahun lalu. Anggaran yang disiapkan untuk renovasi berat ini sebesar Rp 240 miliar.

"Tapi untuk rehab berat kami masih menunggu hasil peninjauan tim di lapangan. Apakah akan dinaikkan menjadi renovasi total atau tetap renovasi berat," tandasnya.(pr/kj/al)