nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 1.000 peserta mengikuti kegiatan Fun Walk dan Deklarasi Penonton Cerdas Siaran yang diinisiasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi DKI Jakarta. 

Ketua KPI Pusat, Yuliandri Darwis mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menyebarkan spirit menyadarkan semua pihak agar menjadi masyarakat cerdas dengan mampu memilih siaran-siaran yang baik

"Kita ingin masyarakat bisa memilah dan memilih tayangan televisi atau siaran radio yang berkualitas," ujarnya, di Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/12). 

Yuliandri menjelaskan, KPI selaku regulator juga mengajak lembaga penyiaran, baik televisi dan radio untuk senantiasa menjadi sumber informasi terpercaya. 

"Lembaga penyiaran tentu perlu melakukan literasi lebih jauh lagi. Sehingga, berita maupun informasi yang disampaikan semakin akurat dan dapat dipercaya," terangnya. 

Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta, Kawiyan menuturkan, lembaga-lembaga penyiaran harus memiliki kepedulian untuk menyajikan tayangan-tayangan yang berkualitas dan mengedukasi. 

"Tayangan yang berkualitas itu, salah satunya adalah tayangan informatif yang dapat diverifikasi kebenarannya," ungkapnya. 

Kawiyan menambahkan, semakin masyarakat cerdas, secara langsung maupun tidak langsung lembaga penyiaran akan menyajikan program-program yang baik dan berkualitas. 

Sementara, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh KPI Provinsi DKI Jakarta untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi dan tayangan berkualitas. 

"Apresiasi saya untuk teman-teman di KPI sebagai regulator," tandasnya.(p/ab)